Sabtu, 02 Juli 2011

CARA MENGKONEKSIKAN DATABASE PADA VB


Koneksi database adalah sebuah modul (obyek) yang bekerja untuk menghubungkan aplikasi dengan sebuah DBMS (Database Manajement System). Dengan menggunakan koneksi database ini, maka aplikasi dapat melakukan manipulasi data terhadap database tertentu.
Pada umumnya database merupakan suatu sistem yang berdiri sendiri di luar lingkungan aplikasi tertentu. Demikian pula Oracle merupakan suatu database yang lengkap dan mempunyai lingkungan aplikasi sendiri. Bila ingin memanfaatkan database Oracle dalam lingkungan aplikasi Visual Basic diperlukan suatu koneksi database yang dapat menghubungkan aplikasi Visual Basic dengan database Oracle.
Obyek koneksi database yang dapat digunakan untuk menghubungkan Oracle dengan aplikasi Visual Basic antara lain:
(1) ADODC (ActiveX Data Object Data Control)
(2) ORADC (Oracle Data Control)
2.1. Koneksi Dengan ADODC
Untuk menggunakan koneksi ADODC ini terlebih dahulu menyiapkan atau mengaktifkan komponen obyek ini dengan memilih menu Project >> Components pada menu Visual Basic, atau dengan menekan Ctrl-T, lalu pilihlah komponen Microsoft ADO Data Control 6.0 (OLEDB) untuk koneksi database dengan ADO, Microsoft Data Grid untuk tabel grid dengan koneksi ADO, dan Microsoft Data List untuk obyek list dengan koneksi ADO seperti gambar 2 berikut ini.
Setelah dipilih maka di bagian toolbox component akan muncul komponen dari obyek ADODC. Selanjutnya untuk menggunakan obyek ini seperti obyek yang lain tinggal menarik icon obyek ini ke dalam form yang dibuat kemudian dilengkapi isi property sesuai dengan kebutuhan.





Cara menggunakan obyek ADODC untuk menghubungkan aplikasi dengan database Oracle adalah sebagai berikut:
• Tarik obyek ADODC ke dalam form. Click kanan hingga muncul tampilan seperti gambar 3 berikut ini.
Gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar